Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang

Sari, Dewi Puspa (2011) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEWI_PUSPA_SARI_10501_2011.pdf] Text
final_B1_DEWI_PUSPA_SARI_10501_2011.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar padapembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IV SD Negeri 53Kampung Jambak Kota Padang. Hal ini terjadi karena pada pembelajaran penjumlahanpecahan berpenyebut tidak sama guru belum menggunakan benda konkret dan tidakberanjak dari permasalahan nyata yang dekat dengat dengan siswa, yang terjadi dalamkehidupan sehari hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencanapelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajarpenjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan pendekatan RME.Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan RME. Langkahlangkah RME yaitu: 1) tahap pendahuluan (mengeksplorasi dunia nyata), 2) tahappengembangan model simbolik, 3) tahap penjelasan dan alasan, 4) tahap penutup(matematisasi dan aplikasi) .Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakanpendekatan kuantitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan temansejawat yang bertindak sebagai observer. Data penelitian ini berupa data rencanapembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjekpenelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Tahun ajaran 2010/2011.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajarsiswa kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang dari KKM yang ditetapkanyaitu 70. Pada siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar siswa 69,65, terdapat 12 orang siswamendapat nilai di bawah KKM. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata tes hasil belajarsiswa 90,34,tidak ada siswa yang mendapat nilai dibawah KKM . Maka dapatdisimpulkan bahwa dengan Pendekatan RME pada materi penjumlahan pecahanberpenyebut tidak sama dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 53Kampung Jambak Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENJUMLAHAN PECAHAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:23
Last Modified: 11 Dec 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32185

Actions (login required)

View Item
View Item