Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi TPRC (Think, Predict, Read, Connect) di Kelas VI Sekolah Dasar.

Permatasari, Diah (2017) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi TPRC (Think, Predict, Read, Connect) di Kelas VI Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DIAH_PERMATASARI_15124016_913_2017.pdf] Text
B1_01_DIAH_PERMATASARI_15124016_913_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil analisis bahan ajar membaca pemahaman di kelas VI Sekolah Dasar. Ditemui beberapa permasalahan tentang bahan ajar membaca pemahaman salah satunya, bahan ajar yang digunakan belum memuat tahapan membaca yang semestinya serta bahan ajar
belum dikembangkan secara maksimal. Hal tersebut menyebabkan guru harus mampu mengembangkan bahan ajar sebagai sarana dalam membantu proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Data diperoleh melalui: (1) uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar; (2) data kepraktisan diperoleh dari lembar keterlaksanaan RPP, penilaian respon guru dan penilaian peserta didik; (3) keefektifan dilihat dari aktivitas, penilaian proses, dan penilaian hasil membaca pemahaman. Berdasarkan validasi RPP oleh validator ahli diperoleh hasil 87,4 % kategori sangat valid, praktisi 89,9% dengan kategori sangat valid. Validasi bahan ajar oleh validator ahli 91,5% kategori sangat valid dan praktisi 91,9% kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas keterlaksanaan RPP diperoleh nilai 90,1% kategori sangat praktis, penilaian respon guru diperoleh persentase 90,3% dan penilaian respon peserta didik 88,8% kategori sangat praktis. Efektifitas bahan ajar dilihat dari aktivitas peserta didik diperoleh nilai 82,5% dengan kategori sangat baik, penilaian proses membaca pemahaman diperoleh hasil 83,3% dengan kategori sangat tinggi. Hasil membaca pemahaman peserta didik 96,9% tuntas dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar membaca pemahaman menggunakan strategi TPRC (Think, Predict,
Read, Connect) di kelas VI Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif karena sudah memenuhi indikator kepraktisan setelah diujicobakan kepada guru dan peserta didik, serta memenuhi kriteria efektif
setelah dilakukan penilaian membaca pemahaman kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 06 Mar 2025 07:44
Last Modified: 06 Mar 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3216

Actions (login required)

View Item
View Item