Halimah, Siti (2013) Pengaruh Metode Inkuiri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa kelas Vll MTs Irsyadul Islamiyah Bahtera Makmur Kabupaten Rokan Hilir Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SITI_HALIMAH_51938_3384_2013.pdf
Download (333kB)
Abstract
Fenomena ditemui dilapangan bahwa masih rendahnya hasil belajar Fiqih siswa MTs Irsyadul Islamiyah masih berada dibawah KKM yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pengggunaan metode inkuiri dan konvensional terhadap hasil belajar Fiqih, (2) pengaruh penggunaan metode inkuiri dan metode konvensional di lihat dari motivasi tinggi terhadap hasil belajar, (3) pengaruh penggunaan metode inkuiri di bandingkan metode konvensional dilihat dari motivasi rendah terhadap hasil belajar, (4) tidak terdapat interaksi antara penggunaan metode inkuiri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII di MTs Irsadul Islamiah Bahtera Makmur Rokan Hilir Riau. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian ini ditetapkan model belajar yang berbeda yaitu menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran Fiqih disain penelitian yang digunakan adalah treatment by block design 2X2. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak dua kelas.pengembangan instrumen bentuk instrumen dilakukan uji instrumen hasil belajar dan uji instrumen motivasi belajar menggunakan uji validitas, realibilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yaitu deskripsi data, uji persyaratan dan pengujian hipotesis Hasil penelitian didapatkan bahwa Siswa yang diajar dengan Metode pembelajaran inkuiri memiliki hasil belajar Fiqih yang lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan Metode pembelajaran konvensional, siswa yang motivasi tinggi yang diajar dengan Metode pembelajaran inkuiri memiliki hasil belajar Fiqih yang lebih tinggi dari hasil belajar siswa berpengetahuan tinggi yang diajar dengan Metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Fiqih siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode inkuiri dan metode konvensional. (2) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Fiqih siswa dengan motivasi tinggi yang diajar dengan metode inkuiri dan metode konvensional. (3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dengan motivasi rendah yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri dan metode konvensional. (4) Tidak terdapat interaksi antara metode inkuiri dan motivasi terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas VII MTs Irsadul Islamiah Bahtera Makmur Rokan Hilir Riau. Secara umum, metode inkuiri dan motivasi belajar pada penelitian ini dapat meningkatkan hasil Fiqih siswa dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Inkuiri, Motivasi Belajar, Pembelajaran Fiqih |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:57 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32158 |
