Yulandi, Afini (2018) Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan pada Salon Kecantikan di Kota Payakumbuh Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_AFINI_YULANDI_1302974_2094_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakpuasnya pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh salon kecantikan di Kota Payakumbuh Barat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kualitas pelayanan pada salon kecantikan di Kota Payakumbuh Barat, (2) Mengetahui kepuasan pelanggan pada salon kecantikan di Kota Payakumbuh Barat, (3) Menganalisa hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada salon kecantikan di Kota Payakumbuh Barat. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif, yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1509 orang. Sampel penelitian berjumlah 71 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskripsi dengan bantuan Program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan Salon Kecantikan Di Kota Payakumbuh Barat dari seluruh indikator yang sudah ditentukan termasuk ke kategori baik dengan nilai skor 103.93 dengan rata-rata 20.29 (2) Kepuasan Pelanggan Salon Kecantikan Di Kota Payakumbuh Barat dari seluruh indikator yang sudah ditentukan termasuk dalam kategori baik dengan nilai skor 60.54 dengan rata-rata 20.18, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan salon kecantikan di Kota Payakumbuh Barat, dengan koefisien korelasi (r) 0,391 berada pada interval 0,25-0,5 (cukup) dan signifikansi 0,000 artinya semakin baik pelayanan yang diberikanmaka semakin puas pelanggan dalam menggunakan jasa pelayanan di Salon Kecantikan Kota Payakumbuh Barat. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran kepada Pihak Salon Kecantikan Kota Payakumbuh Barat adalah memperhatikan segala sesuatu yang berkaitan dengan kualitas pelayanan agar tercipta kepuasan pelanggan, hal ini bertujuan agar pelanggan kembali melakukan proses pembelian di Salon Kecantikan Kota Payakumbuh Barat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:55 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32133 |
