Hariani, Dhian (2017) Pengembangan Modul Dilengkapi LKS Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas X Materi Virus. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_DHIAN_HARIANI_1109837_5803_2017.pdf [thumbnail of B1_01_DHIAN_HARIANI_1109837_5803_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_DHIAN_HARIANI_1109837_5803_2017.pdf
Download (231kB)
Abstract
Biologi merupakan mata pelajaran yang banyak menuntut pemahaman konsep, karena dalam pembelajaran Biologi siswa banyak dihadapkan pada konsep-konsep yang bersifat ilmiah. Salah satu upaya untuk menjembatani aktivitas siswa agar terwujud proses ilmiah melalui modul dilengkapi LKS berbasis konstruktivisme. Modul merupakan media yang berisi bahan-bahan pembelajaran mengenai suatu pokok bahasan yang disusun secara sistematis, operasional dan terarah untuk digunakan oleh siswa yang telah disesuaikan dengan petunjuk penggunaan modul. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul dilengkapi LKS berbasis konstruktivisme pada materi pokok Virus serta mengetahui validitas, praktikalitas dan
efektivitas modul dilengkapi LKS berbasis konstruktivisme yang dihasilkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan four-D-models yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).. Tahap define terdiri atas analisis kurikulum, analisis konsep,
dan analisis siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan modul pembelajaran dilengkapi LKS berbasis konstruktivisme. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen dan guru, uji praktikalitas modul, dan uji efektifitas modul dilengkapi LKS berbasis konstruktivisme pada siswa X MIA SMA Negeri 3 Tualang. Hasil penelitian menunjukkan modul pembelajaran dilengkapi LKS berbasis konstruktivisme sudah valid, praktis dan efektif. Rata-rata validasi modul(82,95), ratarata uji praktikalitas modul oleh siswa (80,85), dan efektivitas modul dapat dilihat dari motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan modul
pembelajaran dilengkapi LKS berbasis konstruktivisme pada materi pokok Virus dinyatakan valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 07:28 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 07:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3213 |