Pengaruh Penerapan Teknik Probing-Prompting terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Putri, Widya Ananda (2014) Pengaruh Penerapan Teknik Probing-Prompting terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WIDYA_ANANDA_PUTRI_54826_5244_2014.pdf] Text
final_B1_1_WIDYA_ANANDA_PUTRI_54826_5244_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa dengan teknik probing-prompting lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes akhir siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan software Minitab. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh P-value = 0,000. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini berarti, kemampuan penalaran matematis siswa dengan teknik probing-prompting lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh penerapan teknik, Probing-Prompting, kemampuan penalaran matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:50
Last Modified: 11 Dec 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32128

Actions (login required)

View Item
View Item