Pengembangan E-Book Fisika Model Inkuiri Terbimbing Mengintegrasikan Multimedia pada Materi Gelombang Berjalan, Stasioner dan Bunyi Kelas XI Semester 2 SMA.

Maffira, Rathika (2021) Pengembangan E-Book Fisika Model Inkuiri Terbimbing Mengintegrasikan Multimedia pada Materi Gelombang Berjalan, Stasioner dan Bunyi Kelas XI Semester 2 SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RATHIKA_MAFFIRA_17033035_4248_2021.pdf] Text
B1_05_RATHIKA_MAFFIRA_17033035_4248_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah proses pembelajaran yang biasanya
dilaksanakan secara langsung di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh/ daring.
Akibatnya, sarana dibutuhkan agar dapat meningkatkan motivasi serta berfikir
kritis peserta didik seperti buku ajar digital yang memanfaatkan multimedia
dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini
bertujuan untuk mengukur validitas dan praktikalitas e-book fisika model inkuiri
terbimbing mengintegrasikan multimedia pada materi gelombang berjalan,
stasioner dan bunyi kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu (R&D)
dengan modelnya adalah model Plomp. Instrumen yang digunakan dalam menilai
validitas adalah angket validitas yang terdiri dari 4 komponen dimana setiap
komponen terdapat 6 aspek yang penilaian, instrumen yang digunakan untuk
praktikalitas siswa terdiri dari lembar wawancara one to one evaluation dan
angket praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis
persentase.
Hasil analisis data dari pengolahan data validasi didapatkan nilai untuk
setiap komponen validasi dari 5 orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen
fisika FMIPA UNP dan 2 orang guru fisika SMAN 1 Kecamatan Harau yaitu
93,3% untuk komponen isi, 88,17% untuk komponen kebahasaan, 93,3% untuk
komponen penyajian, dan 88,17% untuk komponen kegrafikan, Praktikalitas ebook fisika model inkuiri terbimbing mengintegrasikan multimedia pada materi
gelombang berjalan, stasioner dan bunyi kelas XI semester 2 SMA dalam kategori
sangat praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan yang di peroleh adalah 83,45%
untuk praktikalitas oleh 2 orang guru fisika dan 95,80% oleh 6 orang peserta
didik. Sehingga Buku ajar digital fisika model inkuiri terbimbing
mengintegrasikan multimedia pada materi gelombang berjalan, stasioner dan
bunyi layak digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Book Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:47
Last Modified: 11 Dec 2025 02:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32126

Actions (login required)

View Item
View Item