Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Bantuan Peta Konsep terhadap Hasil belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Rengat

Zaharah, Siti (2011) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Bantuan Peta Konsep terhadap Hasil belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Rengat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SITI_ZAHARA_51940_2012.pdf] Text
final_1_SITI_ZAHARA_51940_2012.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) perbedaan antara hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan bantuan peta konsep dan hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional; (2) perbedaan antara hasil belajar kelompok siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan bantuan peta konsep dan hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional; (3) perbedaan antara hasil belajar kelompok siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dengan bantuan peta konsep dan hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional; (4) interaksi strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rengat yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 32 orang. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dari pengacakan diperoleh kelas X.B sebagai kelas eksperimen dan kelas X.D sebagai kelas kontrol dan kelas X.A sebagai kelas uji coba. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperiment dengan rancangan penelitian desain faktorial 2 x 2, dan diselenggarakan pada semester II tahun pelajaran 2010/2011. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan Uji-t dan Anava. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan bantuan peta konsep lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar kelompok siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dengan bantuan peta konsep lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, (3) hasil belajar kelompok siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dengan bantuan peta konsep lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, dan (4) tidak terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan pengetahuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Srategi Pembelajaran Inkuiri, Hasil Pembelajaran Kimia, Pembelajaraan Berbasis Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:43
Last Modified: 11 Dec 2025 02:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32103

Actions (login required)

View Item
View Item