Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang.

Aziz, Saddam Al Aziz (2014) Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SADDAM_AL_AZIZ_15965_5651_2014.pdf] Text
final_B1_1_SADDAM_AL_AZIZ_15965_5651_2014.pdf

Download (587kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran
matematika yang harus tercapai selama proses pembelajaran. Namun, diperoleh
fakta bahwa pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 12
Padang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru
dan siswa, disimpulkan bahwa penyebab hal ini terjadi adalah karena strategi
belajar mengajar belum mampu meningkatkan aktifitas siswa dalam menemukan
konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa selama diterapkan
pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square
dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang belajar
menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe
think pair square lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang
belajar menggunakan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian
static group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII3-VII8 SMP Negeri
12 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas
VII5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII7 sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitiannya adalah kuis dan tes akhir.
Berdasarkan hasil analisis data kuis, diperoleh bahwa indikator
menyatakan ulang sebuah konsep dan mengklasifikasikan objek menurut sifatsifat tertentu sesuai dengan konsepnya cenderung mengalami penurunan dan
indikator yang lain mengalami peningkatan. Pada hasil analisis data tes akhir,
diperoleh p-value = 0,016 dengan α = 0,05, menunjukkan p-value kecil dari taraf
nyata. Artinya pemahaman konsep matematis siswa yang belajar melalui
pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square
lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang belajar melalui
pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:38
Last Modified: 11 Dec 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32102

Actions (login required)

View Item
View Item