Andrie, Zaufelmi (2012) Hubungan Iklim Sekolah dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ZAUFELMI ANDRIE_03898_5434_2012.pdf
Download (320kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang gambaran iklim sekolah, kinerja guru dan hubungan iklim sekolah dengan kinerja guru sekolah menengah kejuruan negeri se kabupaten tanah datar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimanakah iklim sekolah menengah kejuruan negeri se kabupaten tanah datar, 2) bagaimanakah kinerja guru sekolah menengah kejuruan negeri se kabupaten tanah datar, 3) apakah terdapat hubungan iklim sekolah dengan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Tanah Datar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat korelasional, yaitu menggambarkan tentang hubungan iklim sekolah dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Tanah Datar. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Tanah Datar yang masih aktif mengajar, berjumlah 307 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik pengambilan sebanyak 25% dari populasi berjumlah 77 orang. Instrument penelitian ini adalah angket model skala Likert. Angket diuji coba pada 15 orang responden yang tidak termasuk sampel untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Data dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa : iklim sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Tanah Datar berada pada kategori cukup (79,11%) dan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Tanah Datar berada pada kategori cukup (73,42%), serta terdapat hubungan yang berarti antara iklim sekolah dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Tanah Datar dengan t sebesar 2,82 pada taraf kepercayaan 99%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara iklim sekolah dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Tanah Datar. Artinya iklim sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se Kabupaten Tanah Datar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Iklim Organisasi Sekolah; Kinerja Guru |
| Subjects: | L Education > LD Individual institutions (United States) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:37 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32085 |
