Mulia, Suci (2015) Analisis Proses Pembelajaran Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer Kelas X Sosial SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SUCI_MULIA_1101653_3998_2015 pdf.pdf
Download (222kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran
tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa pada
materi Interaksi Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer kelas X di
SMAN 1 Ampek Angkek tahun ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah guru geografi SMAN 1 Ampek
Angkek. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Observasi menggunakan catatan lapangan serta rekaman video,
wawancara dilakukan terhadap guru guna memperoleh data lebih lengkap.
Hasil penelitian tentang analisis proses pembelajaran materi interaksi
manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer kelas X Sosial SMAN 1
Ampek Angkek Kabupaten Agam 1) Pelaksanaan proses pembelajaran materi
interaksi manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer yaitu kurang efektif
karena beberapa faktor seperti, kurangnya motivasi dari guru, guru kurang
menguasai materi, model pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga bersifat
pasif, metode dan media pembelajaran yang dipakai guru belum bervariasi,
kurangnya pengelolaan kelas, dan keterbatasan waktu. (2) Penilaian proses
pembelajaran tentang penilaian sikap pada materi interaksi manusia dan
lingkungan akibat dinamika atmosfer yaitu guru melihat keseriusan dan
kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas. Pada penilaian pengetahuan yaitu
tes lisan menggunakan uraian singkat untuk menguji indikator, tes tulisan
menggunakan uraian untuk menguji KD, penugasan dengan menjawab soal essay
dan LKS. Dan pada penilaian keterampilan tidak ada dilaksanakan karena tidak
ada indikator pada materi yang mendukung untuk dilakukan tes keterampilan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:16 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32070 |
