Pendapat Siswa Tentang Peran Guru Pembimbing dalam Pelaksanaan Layanan Informasi Karir (Studi terhadap Siswa di SMK Negeri 1 Muaro Jambi)

Endah, Endah (2009) Pendapat Siswa Tentang Peran Guru Pembimbing dalam Pelaksanaan Layanan Informasi Karir (Studi terhadap Siswa di SMK Negeri 1 Muaro Jambi). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ENDAH_48043_04_09.pdf] Text
final_B1_ENDAH_48043_04_09.pdf

Download (97kB)

Abstract

Guru pembimbing berperan membantu siswa dan menyelenggarakan layanan
informasi di sekolah. Di SMK N 1 Muaro Jambi terungkap bahwa program bimbingan
dan konseling belum berjalan dengan baik, sehingga masih terdapat siswa yang sulit
dalam mengambil keputusan, kurangnya pemahaman akan kondisi yang ada di
lingkungannya dan banyaknya siswa yang setelah menamatkan pendidikannya tidak
mengetahui arah karir yang ditujunya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat siswa tentang peran guru
pembimbing dalam pelaksanaan layanan informasi karir, meliputi peran guru
pembimbing dalam pemberian layanan informasi karir dari segi materi, metode,
menanggapi masalah siswa yang terkait informasi karir, memberikan evaluasi dalam
pelaksanaan layanan informasi karir, dan waktu yang digunakan dalam pelaksanaan
layanan informasi karir. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan jumlah
populasi 160 siswa dan sampel 61 siswa. Alat pengumpul data yaitu angket, sedangkan
teknik analisa datanya dengan menggunakan rumus persentase.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) lebih dari separoh siswa
berpendapat materi yang disampaikan sudah jelas, merupakan informasi baru, sudah rinci
dan bermanfaat, (2) lebih dari separoh siswa berpendapat metode yang digunakan guru
pembimbing dalam penyelenggaraan layanan informasi karir kurang baik, (3) lebih dari
separoh siswa berpendapat bahwa peran guru pembimbing dalam menanggapi masalah
siswa yang terkait informasi karir kurang baik, (4) lebih dari separoh siswa berpendapat
peran guru pembimbing dalam mengevaluasi pelaksanaan layanan informasi karir kurang
baik, dan (5) pada umumnya siswa berpendapat bahwa pemberian layanan informasi karir
lebih sering dilaksanakan pada awal semester sedangkan lebih dari satu pertiga jumlah
siswa berpendapat bahwa pemberian layanan informasi karir lebih banyak dilakukan pada
jam pelajaran.
Berdasarkan temuan penelitian diharapkan guru pembimbing untuk
memperbanyak mencari sumber informasi di media cetak dan internet serta mencari
situs-situs informasi karir baik di dalam maupun luar negeri serta menugasi siswa
membuka situs atau mencari informasi karir sendiri di internet agar lebih terampil dan
mandiri agar informasi lebih jelas, baru, dan rinci. Penggunaan metode oleh guru
pembimbing masih belum baik, dan diharapkan bisa menjadi baik dan lebih bervariasi
lagi agar tidak monoton, agar waktu penyelenggaraan layanan informasi menjadi cukup
dan efektif diharapkan kepala sekolah untuk menyediakan waktu yang lebih efektif lagi
sehingga guru pembimbing tidak terkendala lagi dengan waktu yang ada, dan bagi
jurusan bimbingan dan konseling diharapkan lebih banyak membekali lulusannya dengan
keterampilan-keterampilan agar dapat melaksanakan layanan informasi secara
profesional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:23
Last Modified: 10 Dec 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32068

Actions (login required)

View Item
View Item