Marnisa, Zarwan (2015) Pengaruh Penggunaan Metode Sugestopedia Berbantuan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ZARWAN_MARNISA_1105847_3318_2016.pdf
Download (586kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan berikut. Pertama, dilihat dari latihan menulis cerpen siswa, terlihat siswa masih kesulitan dalam menulis cerpen karena tidak memahami orientasi pembelajaran tersebut. Kedua, siswa kurang terampil menulis cerpen dengan baik. Ketiga,siswa kurang berminat dalam pembelajaran menulis narasikarena cenderung berpendapat bahwa menulis narasi merupakan hal yang rumit.Keempat, teknik yang digunakan saat pembelajaran kurang menarik bagi siswa sehingga siswa tidak serius memperhatikan proses belajar mengajar yang berlangsung.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode sugestopedia berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 246 siswa yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling.Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan metode sugestopedia berbantuan media audio visual. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut.Pertama, keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan metode sugestopedia berbantuan media audio visual siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 68,88. Kedua,keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan metode sugestopedia berbantuan media audio visual siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman berada pada kualifikasi Baik dengan nilai rata-rata 83,77. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf signifkansi 95% dengan dk=(nH+nH)-2, disimpulkan bahwa tH HHH<tH H (1,70<5,61. Dengan kata lain, penggunaan metode sugestopedia berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman. Jadi, pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman lebih baik sesudah menggunakan metode sugestopedia berbantuan media audio visual daripada sebelum menggunakan metode sugestopedia berbantuan media audio visual.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Sugestopedia; Media Audio Visual; Keterampilan Menulis Narasi |
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:34 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32067 |
