Tinjauan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Penjasorkes di SDN 27 Dan SDN 43 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang

Fuad, Muhammad (2012) Tinjauan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Penjasorkes di SDN 27 Dan SDN 43 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MUHAMAD_FUAD_94768_5872_2012.pdf] Text
B1_01_MUHAMAD_FUAD_94768_5872_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangya motivasi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes di SDN 27 Dan SDN 43 Sungai Sapih, Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan tentang gambaran pelaksanaan pendidikan jasmani di SDN 27 Dan SDN 43 Sungai Sapih.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2012. Tempat Penelitian adalah SDN 27 Dan SDN 43 Sungai Sapih. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV dan V siswa SDN 27 dan SDN 43 Sungai Sapih berjumlah 97 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling, diperoleh sampel berjumlah 50 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah Angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase.
Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1). Motivasi intrinsik siswa di SDN 27 Sungai Sapih secara keseluruhan berada pada klasifikasi kurang dengan tingkat capaian sebesar 53.49% dan Motivasi ekstrinsik siswa di SDN 27 Sungai Sapih secara keseluruhan berada pada klasifikasi kurang sekali dengan tingkat capaian sebesar 48.34%. Artinya bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik di SDN 27 Sungai Sapih masih sangat perlu untuk ditingkatkan, dan perlu adanya pengarahan serta bimbingan dari berbagai pihak agar motivasi siswa terhadap pembelajaran Penjasorkes yang ada pada diri siswa lebih baik.2) Motivasi intrinsik siswa di SDN 43 Sungai Sapih berada pada kategori kurang dengan capaian sebesar 64% dan Motivasi intrinsik siswa di SDN 43 Sungai Sapih secara keseluruhan berada pada klasifikasi kurang dengan capaian sebesar 58.39%. Artinya bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik belajar siswa masih perlu ditingkatkan, dengan kata lain baik guru, orang tua, maupun lingkungan sekolah harus selalu memberikan motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TINJAUAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 06 Mar 2025 07:14
Last Modified: 06 Mar 2025 07:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3205

Actions (login required)

View Item
View Item