Pengaruh Model Scientific Inquiry dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SD

Ernita, Sri (2019) Pengaruh Model Scientific Inquiry dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SRI_ERNITA_16124074_4093_2019.pdf] Text
final_1_SRI_ERNITA_16124074_4093_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latarbelakang penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Model Scientific Inquiry dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan perbedaan hasil belajar dan motivasi tematik terpadu siswa yang diajar menggunakan Scientific inquiry dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional pada siswa kelas IV SDN 22 Andalas Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksprimental Design dengan rancangan Uji-t . Pada kelas eksperimen diterapkan Model Scientific Inquiry, di kelas kontrol diterapkan pendekatan konvensional. Dengan populasi siswa kelas IV SDN 22 Andalas Padang dan sampel kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol. Hipotesis ini diuji dengan menggunakan anava dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar tematik terpadu siswa yang diajar menggunakan model Scientific inquiry dengan menggunakan Pendekatan Konvensional pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 22 Andalas Padang pada α = 0,05 dengan nilai FHitung = 235,888, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar tematik terpadu siswa yang diajar menggunakan model Scientific inquiry dengan motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional pada siswa kelas IV SDN 22 Andalas Padang. pada α = 0,05 dengan nilai FHitung = 1415,846.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Scientific inquiry, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:26
Last Modified: 11 Dec 2025 02:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32043

Actions (login required)

View Item
View Item