Marta, Rusdial (2015) Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pendekatan Scientific di Kelas IV SD Negeri 05 Air Tawar Barat Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RUSDIAL_MARTA_1204005_3268_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah jarangnya guru mengajukan pertanyaan
berupa masalah situasi nyata kepada siswa, kurangnya aktivitas siswa dalam
pembelajaran, jarangnya siswa mengajukan pendapat dalam pembelajaran, serta
jarangnya bertanya dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya
aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap
peningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas IV SD N 05 Air Tawar Barat
Padang.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 05 Air Tawar Barat Padang
yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sederhana. Dalam pelaksanaannya,
penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan oleh peneliti. Setiap siklus
terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan
dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
II tahun ajaran 2014/2015 di SDN 05 Air Tawar Barat Padang. Data penelitian ini
dikumpulkan melalui pengamatan, dokumentasi dan hasil tes.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan
Scientific dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika di kelas IV
SDN 05 Air Tawar Barat Padang. Hal ini terlihat dari aktivitas oral yaitu
menjawab dan mengajukan pertanyaan, menyampaikan saran atau
mengemukakan pendapat dalam pembelajaran dan berdiskusi kelompok, Aktivitas
writing yaitu membuat rangkuman setiap pembelajaran, dan aktivitas mental
yaitu memecahkan soal dan menganalisa. Pada akhir siklus II sudah melebihi
standar Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 86%. Hal yang sama juga terlihat pada
hasil belajar peserta didik yaitu ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I
53%, dan pada siklus II menjadi 87%. Melihat hasil penelitian ini, maka
penelitian tindakan kelas dalam penggunaan pendekatan Scientific pada
pembelajaran matematika perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka
peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:08 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32025 |
