Students’ Critical Thinking Performance Shown In Their Argumentative Essay: A Study At English Literature Program Of Stiba Persada Bunda Pekanbaru

Ferdiansyah, Rifki (2016) Students’ Critical Thinking Performance Shown In Their Argumentative Essay: A Study At English Literature Program Of Stiba Persada Bunda Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_RIFKI_FERDIANSYAH_19319_2826_2017.pdf] Text
final_02_RIFKI_FERDIANSYAH_19319_2826_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam menulis essai argumentatif. Penelitian dilakukan pada mahasiswa kelas A semester IV mata kuliah Puisi Fakultas Sastra Inggris STIBA Persada Bunda, Pekanbaru. Peneliti menggunakan analisis deskriptif dalam menjawab dua pertanyaan penelitianberikut: bagaimanakah keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang tercermin dari tulisan essai argumentatif mereka dan apa masalah utama mahasiswa dalam keterampilan berpikir kritis saat menulis essai argumentatif. Untuk mengumpulkan data, digunakan dua instrumen penelitian; tes menulis essai dan kuesioner.Indikatorpenelitian diadaptasidarikarakteristikberpikirkritis yang ditulisoleh Cottrell dan keterampilan berpikir kritis dalam menulis yang ditulis oleh Brookhart. Dari hasil analisis, terindikasi bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa secara rata-rata berada di level rendah. Lebih jauh, dari tiga aspek penilaian keterampilan berpikir kritis, yakni: aspek isi, aspek argument dan fakta, serta aspek kejelasan bahasa, semua mahasiswa mengalami masalah pada semua aspekte rsebut. Dan para mahasiswa sangat lemah pada aspek kemampuan menelaah

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Critical Thinking
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:26
Last Modified: 10 Dec 2025 07:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32019

Actions (login required)

View Item
View Item