Ferdiansyah, Rifki (2016) Students’ Critical Thinking Performance Shown In Their Argumentative Essay: A Study At English Literature Program Of Stiba Persada Bunda Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_RIFKI_FERDIANSYAH_19319_2826_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam menulis essai argumentatif. Penelitian dilakukan pada mahasiswa kelas A semester IV mata kuliah Puisi Fakultas Sastra Inggris STIBA Persada Bunda, Pekanbaru. Peneliti menggunakan analisis deskriptif dalam menjawab dua pertanyaan penelitianberikut: bagaimanakah keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang tercermin dari tulisan essai argumentatif mereka dan apa masalah utama mahasiswa dalam keterampilan berpikir kritis saat menulis essai argumentatif. Untuk mengumpulkan data, digunakan dua instrumen penelitian; tes menulis essai dan kuesioner.Indikatorpenelitian diadaptasidarikarakteristikberpikirkritis yang ditulisoleh Cottrell dan keterampilan berpikir kritis dalam menulis yang ditulis oleh Brookhart. Dari hasil analisis, terindikasi bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa secara rata-rata berada di level rendah. Lebih jauh, dari tiga aspek penilaian keterampilan berpikir kritis, yakni: aspek isi, aspek argument dan fakta, serta aspek kejelasan bahasa, semua mahasiswa mengalami masalah pada semua aspekte rsebut. Dan para mahasiswa sangat lemah pada aspek kemampuan menelaah
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Critical Thinking |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:26 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:27 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32019 |
