Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung dalam Kecamatan Pauh Kota Padang

Emiyati, Emiyati (2011) Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SD Negeri 03 Binuang Kampung dalam Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EMIYATI_90472_3729_2011.pdf] Text
final_B1_EMIYATI_90472_3729_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran penjumlahan pecahan pada siswa kelas V SDN 03 Binuang
Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang masih bersifat konvensional.
Pembelajaran masih masih berpusat kepada guru, sehingga membosankan bagi siswa.
Dalam proses pembelajaran Matematika nilai yang diperoleh siswa masih rendah.
Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran Matematika
khususnya pembelajaran penjumlahan pecahan dengan menggunakan alat peraga blok
pecahan dan plastik transparan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan
peningkatan pemahaman konsep penjumlahan pecahan dengan menggunakan alat
peraga pada siswa kelas V SDN 03 Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota
Padang. Alat peraga blok pecahan dan plastik transparan dirasakan mampu mengatasi
persoalan yang ada pada peningkatan pemahaman konsep penjumlahan pecahan dengan
menggunakan alat peraga terdapat 3 tahapan yaitu : penjumlahan pecahan senama,
penjumlahan pecahan tak senama, dan penjumlahan pecahan campuran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif .
Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh
dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi, dan dokumementasi. Sumber data adalah
proses pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga di SDN
03 Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang. Subjek penelitian terdiri
dari siswa kelas V SDN 03 Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang
berjumlah 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan model analisis data kualitatif.
Pengolahan data merujuk pada standar ketuntasan menurut BSNP. Prosedur penelitian
dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4)
refleksi.
Hasil penelitian yang dilakukan memperoleh persentase rata-rata kelas pada
siklus I materi penjumlahan pecahan adalah 75 %. Pada siklus II dengan materi yang
sama adalah 90 %. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah
penggunaan alat peraga blok pecahan dan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:06
Last Modified: 10 Dec 2025 07:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32012

Actions (login required)

View Item
View Item