Arief, Rusdi (2021) Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Sebaran Flora dan Fauna Indonesia dan Dunia Kelas XI SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RUSDI_ARIEF_17045164_1861_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya perkembangan zaman,
termasuk juga perkembangan teknologi yang berdampak terhdap inovasi
pendidikan. Namun pemanfaatan teknologi dalam pendidikan belum sepenuhnya
optimal, khususnya pada media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui analisis kebutuhan media pembelajaran interaktif berbasis android
dalam proses belajar mengajar (2) Mengetahui kemudahan penggunaan aplikasi
media pembelajaran Geografi pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, subjek penelitian
adalah siswa kelas XI IPS mata pelajaran Geografi SMA Negeri 3 padang.
Instrumen yang digunakan yaitu angket, disusun menggunakan bantuan google
form dan di bagikan melalui aplikasi WhatsApp Group kelas. Teknik sampling
menggunakan total sampling dengan jumlah sampelnya sama dengan populasi,
yang mana kurang dari 100 seluruh populasi yaitu sebanyak 68 siswa. Analisis
data menggunakan bantuan rumus skala interval dan rumus persentase.
Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) membuat aplikasi media pembelajaran
berbasis android dengan Smart Apps Creator yang dinamakan GEO Explorer, 2)
menganalisis tinggat kebutuhan pada siswa, 3) menganalisis kemudahan
penggunaan aplikasi media pembelajaran pada siswa. hasil tingkat kebutuhan
media pembelajarannya yaitu, 3 responden (4,41%) kategori Sangat Tinggi, 13
responden (19,11%) kategori Tinggi, 45 responden (66,17%) kategori Sedang, 6
responden (8,82%) kategori Rendah, dan sebanyak 1 responden (1,47%) memiliki
kategori Sangat Rendah. dari data tersebut memiliki frekuensi prioritas terbesar
yaitu 45 siswa dengan presentase 66,17% dengan kategori “Sedang”. Hasil
perhitungan dalam penggunaan Aplikasi media pembelajaran GEO Explore
mendapatkan skor persentase usability (kegunaan) sebesar 82,94%, dari angket
yang diberikan pada 68 siswa kelas XI IPS mata pelajaran geografi dengan hasil
kategori “ Sangat Layak”. sehingga dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Media
Pembelajaran Berbasis Android GEO Explorer dapat memenuhi kebutuhan media
pembelajaran bagi siswa dan mudah digunakan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kebutuhan media pembelajaran berbasis android, sekolah menengah atas |
| Subjects: | G Geography |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:06 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32003 |
