Peningkatan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII.C SMP Negeri 5 Gunung Talang dengan Menggunakan Media Gambar

Dewina, Emilza (2010) Peningkatan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII.C SMP Negeri 5 Gunung Talang dengan Menggunakan Media Gambar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EMILZA_DEWINA_72569_1688_2011.pdf] Text
final_B1_EMILZA_DEWINA_72569_1688_2011.pdf

Download (499kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah dengan
menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis berita
siswa kelas VIII.C SMP Negeri 5 Gunung Talang dan mendeskripsikan proses
peningkatan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII.C SMP Negeri 5 dengan
menggunakan media gambar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII.C SMP Negeri 5 Gunung Talang yang berjumlah 25
orang. Data penelitian berupa hasil tes menulis berita, hasil lembar observasi, dan
hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran kemampuan menulis berita siswa
kelas VIII.C SMP Negeri 5 Gunung Talang dengan menggunakan media gambar.
tahun pelajaran 2009/2010. Data dianalisis berdasarkan langkah-langkah sebagai
berikut. Pertama, mengelompokkan data. Kedua, memberikan skor. Ketiga,
mengubah skor menjadi nilai. Keempat, mengkualifikasikan data. Kelima,
menentukan rata-rata kemampuan menulis berita. Keenam, membahas dan
menyimpulkan hasil penelitian.
Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulkan bahwa
kemampuan menulis berita siswa kelas VIII.C SMP Negeri 5 Gunung Talang
dengan Menggunakan media gambar dari siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan. Rata-rata kemampuan menulis berita siswa kelas VIII.C SMP Negeri
5 Gunung Talang dengan Menggunakan media gambar dari 60,11 % berada pada
kualifikasi cukup pada sikus I meningkat menjadi 78,51 % berada pada kualifikasi
baik pada siklus II. Peningkatan kemampuan menulis berita pada tiap siklus
diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif. Hal tersebut terlihat pada
keaktifan siswa dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta siswa
merasa senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran menulis berita dengan
menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:05
Last Modified: 10 Dec 2025 07:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32000

Actions (login required)

View Item
View Item