Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tematik dengan Strategi inquiry untuk Mefingkatkan Akativitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III SD Negeri 006 Kota Baru Kecamatan Tapung Hilir Tahun Pelajaran 2009 / 2010

Irmansyah, Irmansyah (2011) Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tematik dengan Strategi inquiry untuk Mefingkatkan Akativitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III SD Negeri 006 Kota Baru Kecamatan Tapung Hilir Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_IRMANSYAH_93193_3957_2012.pdf] Text
final_2_IRMANSYAH_93193_3957_2012.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil observasi penulis di SD Negeri 006 Kota Baru Kecamatan Tapung Hilir, dijumpai fenomena atau gejala berkaitan dengan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III antara lain; 1) dalam pembelajaran siswa cenderung pasif. 2) dilihat dari hasil belajar siswa, hanya berkisar 50% saja yang mampu mencapai nilai Ketuntasan minimal yang ditefapkan sekolah. 3) kurangnya pemehaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru meskipun telah disampaikan secara berulang-ulang . Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan pada akhir pokok bahasan. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui apakah dengan penggunaan pendekatan pembelajaran tematik dengan strategi inquiry dapat meningkatkan akitvitas belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III SD Negeri 006 Kota Baru Kecamatan Tapung Hilir Tahun Pelajaran 2009/2010, dan 2) Untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan pembelajaran tamatik dengan strategi inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III SD Negeri 006 Kota Baru Kecamatan Tapung Hilir Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian yang dilakukan dengan menerapkan Pendekatan Pembelajaran Tamatik dengan Strategi Inquiry pada siswa kelas III di SD Negeri 006 Kota Baru pada materi pokok “Mengenal berbagai permukaan bumi “ adalah sebagai berikut : 1) Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tamatik dengan strategi Inquiry dapat meningkatkan aktivitas siswa sebesar 19,0 % siswa menjadi lebih aktif dan mau bekerjasama dengan anggota kelompok dan mau menghubungkan penemuan yang didapatnya saat bekerja kelompok. 2) Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tamatik dengan strategi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Tamatik dengan strategi Inquiry efektif digunakan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 006 Kota Baru. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari rata – rata kelas data awal meningkat dari 63,0 % menjadi 75, 8 %. Dari hasil tersebut disarankan kepada guru untuk menjadikan Pembelajaran Tematik dengan strategi Inquiry sebagai salah satu alternatif penyajian materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik dengan Strategi inquiry, Mefingkatkan Akativitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:20
Last Modified: 10 Dec 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31998

Actions (login required)

View Item
View Item