The Effect of Using Preview- Predict- Confirm PPC Strategy in pre reading to Improve Students Reading Comprehension at SMAN 11 Padang

Putri, Emillisa (2011) The Effect of Using Preview- Predict- Confirm PPC Strategy in pre reading to Improve Students Reading Comprehension at SMAN 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EMILLISA_PUTRI_77082_5959_2011.pdf] Text
final_B1_EMILLISA_PUTRI_77082_5959_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan memahami dalam membaca siswa Sekolah Menengah Atas
dalam bahasa Inggris masih dirasakan rendah. Beberapa masalah dari sudut
pandang siswa dan guru ditemukan selama proses pembelajaran dan
pengevaluasian. Stategi pembelajaran membaca dalam bahasa Inggris masih
dirasa kurang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan strategi Preview- Predict- Confirm (PPC) pada kegiatan
awal membaca di SMA 11 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak
penggunaan strategi PPC dalam kegiatan pra membaca terhadap pemahaman
siswa dalam membaca. Penelitian ini mengemukakan hipotesis yakni siswa yang
diajar dengan menggunakan PPC dalam kegiatan pra membaca akan memiliki
pemahaman membaca yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan
menggunakan pra pertayaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiment. Populasi penelitian
adalah siswa kelas XI SMAN 11 Padang tahun pelajaran 2010-2011 yang terdiri
dari lima kelas. Sampel penelitian ini terdiri dua kelas yaitu XI IPA2 sebagai kelas
experimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik
cluster sampling. Masing-masing kelas memiliki jumlah siswa 24 orang.
Instrument yang digunakan adalah Comprehension Test. Test dilakukan dua kali;
pretest dan posttest. Test tersebut terdiri dari dua puluh butir soal dalam bentuk
pilihan ganda.
Data berupa nilai reading test oleh kedua kelompok sampel di analisis
secara statistik dengan menggunakan rumus t-test, dan ditemukan bahwa t-hitung
sebesar 8,30, sedangkan t-tabel sebesar 2,021, yang berarti t-hitung > t-tabel.
pada taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa
penggunaan strategi PPC dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang
lebih baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:03
Last Modified: 10 Dec 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31993

Actions (login required)

View Item
View Item