Meisisri, Emilia (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Jawa Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EMILIA_MEISISRI_93758_3349_2011.pdf
Download (404kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri
17 Jawa Gadut Kota Padang menunjukkan bahwa pembelajaran PKn masih
dilaksanakan secara konvensional dimana guru masih mempergunakan metode
ceramah dan guru lebih dominan sementara siswa lebih banyak diam serta
penilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Hal ini menyebabkan siswa
kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperolehnya
rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn tersebut
diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar dalam
pembelajaran PKn dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua
siklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas IV. Setiap siklus
terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan
dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
II tahun ajaran 2010/2011 di SD Negeri 17 Jawa Gadut Kota Padang dengan
subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini
diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil tes.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model
kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 17 Jawa Gadut Kota Padang. Hal ini
terlihat dari (1) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari
nilai rata-rata 63 pada siklus I menjadi 79 pada siklus II, (2) pada ranah afektif
meningkat dari nilai rata-rata 71,07 pada siklus I menjadi 82,24 pada siklus II dan
(3) pada ranah psikomotor meningkat dari nilai rata-rata 73,36 pada siklus I
menjadi 84,03 pada siklus II. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian
tindakan kelas dalam peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn
dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share perlu diterapkan
dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan
datang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:03 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:03 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31990 |
