Anastasha, Desty Ayu (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep IPA pada Siswa Kelas V Gugus 1 Kecamatan Padang Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_DESTY_AYU_ANASTASHA_15124013_497_2018.pdf [thumbnail of B1_01_DESTY_AYU_ANASTASHA_15124013_497_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_DESTY_AYU_ANASTASHA_15124013_497_2018.pdf
Download (845kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya mendapat informasi dari guru, oleh karena itu guru mengaktifkan kemampuan siswa dan kurangnya keterlibatan siswa dalam membangun pemahaman konsep. Hal ini mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan (1) Perbedaan tingkat pemahaman konsep IPA yang diajar menggunakan Strategi Inkuiri dengan siswa yang diajar menggunakan Strategi Konvensional pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Padang Barat, (2) Perbedaan tingkat pemahaman konsep IPA antara siswa bermotivasi tinggi dengan siswa bermotivasi rendah, dan (3) Perbedaan interaksi antara Strategi pembelajaran dengan motivasi dalam mempengaruhi tingkat pemahaman konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan factorial design (desain faktorial 2x2). Pada kedua kelas sampel diterapkan perlakuan yang berbeda, pada kelas eksperimen diterapkan Strategi Inkuiri sedangkan pada kelas kontrol diterapkan Strategi konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kecamatan Padang Barat Kota Padang dengan sampel SDN 23 Ujung Gurun sebagai kelas kontrol dan SDN 22 Ujung Gurun sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Data penelitian berupa tes hasil belajar siswa. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan anava dua arah. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa yang diajar menggunakan Strategi Inkuiri dengan
pemahaman konsep IPA siswa yang diajar menggunakan Strategi konvensional di kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Padang Barat,, (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa bermotivasi tinggi dengan pemahaman konsep IPA siswa bermotivasi rendah di kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Padang Barat, dan (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara Strategi pembelajaran dengan motivasi dalam mempengaruhi pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Padang Barat
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:17 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 07:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3199 |