Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Semen Padang

Wahyuni, Ruri Gusni (2014) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RURI_GUSNI_WAHYUNI_86444_1894_2015.pdf] Text
final_B1_1_RURI_GUSNI_WAHYUNI_86444_1894_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP
Semen Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas
VIII SMP Semen Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan
membaca pemahaman dengan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP
Semen Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan
desainnya korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
SMP Semen Padang yang terdaftar dalam tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 176
siswa terbagi atas 5 kelas. Sampel penelitan ini berjumlah 30 orang dari 176 orang
populasi yang diambil secara acak. Data penelitian ini adalah skor keterampilan
membaca pemahaman dan skor keterampilan menulis berita yang dilaksanakan
pada Juni sampai Juli 2014. Tes pertama berupa soal objektif dengan jumlah soal
30 butir soal, yang sesuai dengan indikator. Tes kedua tes unjuk kerja yaitu tes
menulis berita. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara statistik
menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat
disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa
kelas VIII SMP Semen Padang berada pada kualifikasi baik yaitu (77,33). Kedua,
keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Semen Padang berada pada
kualifikasi baik yaitu (79,99). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara
keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis berita siswa
kelas VIII SMP Semen Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat
kebebasan n-1 yaitu thitung yang diperoleh 8,67 dan ttabel = 1,70 dalam arti thitung
lebih besar dari ttabel yaitu 8,67 > 1,70.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:03
Last Modified: 10 Dec 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31989

Actions (login required)

View Item
View Item