Husen, Emilia (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak dengan Permainan Abjad Melalui kegiatan Piknik di TK Ananda Ujung Gurun Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EMILIA_HUSEN_51013_2011.pdf
Download (215kB)
Abstract
Salah satu kemampuan anak yang sedang berkembang saat usia TK adalah
kemampuan berbahasa. Salah satu bentuk bahasa anak adalah membaca. Adapun
permasalahan yang muncul bagi anak adalah: masih rendahnya kemampuan
membaca anak terlihat dalam mengenal huruf hanya dari bunyinya saja tanpa
tahu bentuk hurufnya, kurangnya perbendaharaan kata anak, sering jenuh dan
kurang tertariknya anak pada kegiatan membaca, dan kurangnya media dalam
kegiatan membaca. Tujuan dari penelitian ini agar adanya peningkatan terhadap
perkembangan bahasa anak, khususnya dalam kemampuan membaca.
Metodologi penelitian yang peneliti lakukan adalah metode campuran
dengna pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian Kelompok B1 di TK Ananda Ujung
Gurun Padang, dengan jumlah murid 12 orang yang terdiri dari 5 orang anak
perempuan dan 7 orang anak laki-laki.
Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi
berupa kamera untuk mengambil gambar saat kegiatan berlangsung, sedangkan
analisis data menggunakan rumus Hariadi dan Arikunto.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, hasil
penelitian dari siklus I menunjukan bahwa kemampuan membaca anak masih
rendah yaitu 49%, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II
ternyata terjadi peningkatan dari kemampuan membaca anak yaitu menjadi 75%,
sehingga tujuan dari kegiatan bermain abjad melalui kegiatan piknik di TK
Ananda dapat tercapai sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah
ditetapkan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
Permainan Abjad melalui kegiatan Piknik dapat meningkatkan kemampuan
bahasa anak khususnya dalam membaca dan kegiatan piknik memberikan suasana
baru dalam kegiatan belajar anak sehingga anak tidak jenuh dan menjadi tertarik
dalam kegiatan membaca.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:02 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31987 |
