Nafis, Adrul (2018) Konsepsi Pemikiran H.A.R. Tilaar tentang Pendidikan Nasional. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_ADRUL_NAFIS_131_1306031_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang khazanah pemikiran pendidikan H.A.R. Tilaar, khususnya mengenai konsepsi pendidikan multikultural yang di kemukakannya. Meskipun konsepsi pendidikan multikulturalisme ini bukan asli dari Tilaar, tapi ia kemudian mampu membawakan konsepsi pendidikan multikulturalisme tersebut untuk konteks ke-Indonesiaan. Penelitian ini berangkat dari penggunaan dua jenis data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer berasal dari karya-karya yang dihasilkan oleh Tilaar sendiri. Adapun data sekunder berasal dari bahan-bahan kajian yang relevan dengan penelitian ini, seperti tulisan orang lain mengenai sejarah pemikiran pendidikan maupun tentang pemikiran pendidikan Tilaar. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa konsepsi pemikiran pendidikan multikultural H.A.R. Tilaar mensyaratkan pengembangan dua kemampuan utama, yaitu civic skill dan civic intelligence di dalam upaya mencapai masyarakat Indonesia multikultural yang bisa hidup berdampingan dengan kebudayaan yang dimilikinya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pemikiran Pendidikan; Pendidikan Multikulturalisme; civic skill dan civic intelligence |
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:17 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31984 |
