Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Bukittinggi.

Mendrayani, Dewi (2009) Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEWI_MENDRAYANI_46511_04_09.pdf] Text
final_B1_DEWI_MENDRAYANI_46511_04_09.pdf

Download (79kB)

Abstract

Keberhasilan proses dan kegiatan belajar siswa dipengaruhi oleh banyakfaktor. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah lingkungan keluarga(kedua orang tua). Orang tua merupakan lingkungan sosial yang banyak berperandan mempengaruhi kegiatan belajar anak. Hal ini dikarenakan keluargamerupakan lingkungan yang pertama bagi anak untuk mendapatkan pendidikan.Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada saat melaksanakanpraktek lapangan kependidikan di SMA Negeri 5 Bukittinggi, baik dari guru-guru,orang tua, maupun dari siswa terdapat kesan bahwa orang tua belummelaksanakan peranannya dengan optimal, seperti menanyakan kesulitan yangdialami anak dalam belajar, membimbing anak agar dapat mendahulukan kegiatanbelajar, dan lain sebagainya, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa tidaksesuai dengan kemampuan mereka sebanarnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan orang tuadalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya untuk memotivasi anak dalambelajar, memperhatikan kegiatan belajar anak dan mengembangkan perilakubelajar anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data dalam penelitian inidikumpulkan dengan menggunakan angket. Sampel dari penelitian ini adalahorang tua (ayah dan ibu) dari siswa yang berprestasi rendah.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pada umumnya orang tua telahmelaksanakan peranannya yaitu memotivasi anak dalam belajar, dalam halmemberi semangat belajar kepada anak, memberikan reinforcement kepada anakdalam kegiatan belajar. Secara keseluruhan orang tua selalu memperhatikankegiatan belajar anak, terutama dalam aspek mengontrol waktu dan kegiatanbelajar, menjaga kondisi fisik yang menunjang kegiatan belajar anak danmemantau perkembangan akademik anak. Begitu juga dalam aspekmengembangkan perilaku belajar anak, secara umum orang tua telah berperandalam hal mengembangkan kedisiplinan anak dalam belajar dan mengembangkanperilaku sosial yang menunjang kegiatan belajar anak. Namun, orang tua perlumemperhatikan cara yang dilakukan dalam melaksanakan peranan merekasehingga peranan mereka benar-benar dapat membantu meningkatkan hasilbelajar siswa.Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa orangtua (ayah dan ibu) telah melaksanakan peranannya dalam meningkatkan hasilbelajar anaknya, maka diharapkan guru pembimbing dapat memberikan berbagaipelayanan bimbingan dan konseling untuk mengungkapkan faktor lain yangmempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah tersebut, sehingga gurupembimbing dapat membantu siswa mengentaskan masalah yang dihadapinyadalam belajar dan hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GURU PEMBIMBING, LAYANAN KONSELING
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:59
Last Modified: 10 Dec 2025 06:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31976

Actions (login required)

View Item
View Item