Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Nyanyian pada TK Melur Putih Tigo Baleh Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi

Elmida, Elmida (2011) Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Nyanyian pada TK Melur Putih Tigo Baleh Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EMILDA_08348_2011.pdf] Text
final_B1_EMILDA_08348_2011.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil kemampuan bahasa anak pada
tahun pelajaran 2010/ 2011 semester I, terlihat bahwa kemampuan bahasa anak
sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan
bahasa anak kelompok B TK Melur Putih Tigo Baleh Kecamatan Aur Birugo
Tigo Baleh Kota Bukittinggi yang meliputi kemampuan 1) mengenal huruf, 2)
menyusun huruf menjadi kata 3) membedakan kata-kata yang memiliki suku kata
awal yang sama dan 4) kemampuan dalam membedakan kata-kata yang memiliki
suku kata akhir yang sama.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, yang
bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan
sebelumnya guna meningkatkan kemampuan bahasa anak. Subjek dalam
penelitian ini berjumlah 22 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 8 orang
perempuan. Setting penelitian ini adalah pada bulan Mei sampai dengan Juni
2011. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan rentang waktu selama
2 bulan dan jumlah pertemuan sebanyak 3 kali pertemuan tiap siklusnya.
Perlakuan tiap siklus dilakukan dengan tindakan yang berbeda, pada siklus I
peneliti memilih nyanyian dengan menggunakan kartu huruf dan untuk siklus II
bernyanyi sambil belajar dilakukan dengan menggunakan media kartu gambar.
Pembuatan instrumen penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi. Dan
sumber data adalah data diamati selama anak melakukan kegiatan nyanyian.
Berdasarkan analisis data dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
kemampuan bahasa anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan bahasa anak khususnya
dalam mengenal huruf, menyusun huruf menjadi kata, membedakan kata-kata
yang memiliki suku kata awal yang sama dan membedakan kata-kata yang
memiliki suku kata akhir yang sama meningkat dengan baik. Berdasarkan hasil
penelitian ini dapat disimpulkan kemampuan anak meningkat dengan baik, setelah
melakukan kegiatan nyanyian, baik nyanyian dengan menggunakan kartu huruf
maupun dengan menggunakan kartu gambar. Adapun saran dari penelitian ini,
diharapkan guru dan orang tua dapat menggunakan nyanyian sebagai kegiatan
dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:58
Last Modified: 10 Dec 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31970

Actions (login required)

View Item
View Item