Herawati, Netti (2016) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Penguasan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_NETTI_HERAWATI_14174020_6089_2016.pdf
Download (645kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hal berikut. Pertama, kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Kedua, kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Ketiga, secara bersama-sama, kontribusi keterampilan membaca pemahaman dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional.Penelitian ini dilakukan di SMPN 30 Padang jalan Baru Andalas 15 Padang pada tanggal 15 s.d 22 April 2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 327 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 50 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua instrument, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja.Variabel penelitia ini adalah keterampilan membaca pemahaman, penguasan kosakata dan keterampilan menulis teks berita. Sebelum penelitian dilakukan instrumen diuji cobakan terlebih dahulu. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman, skor hasil tes penguasaan kosakata, skor hasil tes kemampuan menulis teks berita. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji homogenitas. Hasil analisis data penelitian menujukan bahwa keterampilan membaca pemahaman memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks sebesar 34,81%. Kemudian, penguasaan kosakata memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks berita sebesar 30,25%. Selanjutnya, keterampilan membaca pemahaman dan penguasaan kosakata secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks berita sebesar 38,44%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks berita, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.Keterampilan membaca pemahaman dan penguasaan kosakata dapat dijadikan salah satu faktor untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis teks berita. Semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman siswa, semakin tinggi pula hasil menulis teks berita siswa. Selanjutnya semakin banyak penguasaan kosakata siswa semakin berkualitas teks berita yang ditulisnya.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Kosakata, Menulis, Teks Berita, Siswa Kelas VIII , SMP Negeri 30 Padang, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:54 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:54 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31961 |
