Marnis, Marnis (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII-4 SMP N 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEWI_KURNIA_PUTRI_07311_5781_2011.pdf
Download (159kB)
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VIII-4 SMP N 31 Padang pada mata pelajaranTIK semester II tahun pembelajaran 2008/2009 hanya memperoleh nilai rata-rata6,3 di bawah KKM yaitu 6,5. Hal ini disebabkan terbatasnya jumlah komputerserta jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu lokal praktek menyebabkanguru kewalahan dalam menggelola kelas sehingga berpengaruh terhadap hasilbelajar siswa. Oleh sebab itu penulis mencoba memperbaiki proses dan hasilpembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas melalui pembelajarantutor sebaya yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Subjek penelitian adalah siswa kelasVIII-4 yang berjumlah sebanyak 40orang siswa terdiri dari 21 orang perempuan dan 19 orang laki-laki. Teknikpengumpulan data adalah observasi langsung yang dilakukan oleh kalaborator dantes hasil belajar, sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasiaktivitas dan lembaran tes siswa. Data yang diperoleh dianalisis denganmenggunakan analisis persentase dan mean score.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas yang dilakukan olehsiswa. Pada siklus I, aktivitas siswa pada kegiatan pendahuluan 68.50%, kegiataninti 61,30% dan kegiatan penutup 55,30%. Pada siklus II terdapat peningkatan,menjadi87,90% pada kegiatan pendahulun, 83.20% pada kegiatan inti dan 75,00%pada kegiatan penutup. Peningkatan aktivitas ini juga diikuti dengan peningkatanhasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 70,50%,dan masih terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Pada siklus IIterjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal mencapai87,50%. Dengan tutor sebaya kelas menjadi aktif, keterbatasan kemampuan siswauntuk mengungkapakan ketidak mengertianya terhadap materi pelajaran kepadaguru dapat dengan mudah disampaikan kepada teman. Jadi dapat disimpulkanbahwa dengan penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII-4 SMPN 31 Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, MICROSOFT POWER POINT |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:28 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31944 |
