Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

Dewi, Astri Sukma (2018) Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_ASTRI_SUKMA_DEWI_1302112_1913_2018.pdf] Text
final_B1_02_ASTRI_SUKMA_DEWI_1302112_1913_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum dilakukannya analisis butir soal ujian sekolah berstandar nasional (usbn) di Kabupaten Sijunjung sehingga kualitas butir soal belum diketahui. Kualitas butir soal merupakan aspek penting untuk mengetahui apakah soal tersebut sudah dapat menunjukan kemampuan peserta didik yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal ujian sekolah berstandar nasional mata pelajaran sejarah di Kabupaten Sijunjung yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Kabupaten Sijunjung. Populasi penelitian ini adalah seluruh lembar jawaban siswa kelas XII SMA Kabupaten Sijunjung dan sampel penelitian adalah naskah lembar jawaban siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Sijunjung, SMA Negeri 4 Sijunjung dan SMA Negeri 8 Sijunjung yang berjumlah 313 lembar jawaban. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan program Quest. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas item tes memiliki kategori valid sebanyak 24 butir soal (80%) dan soal yang tidak valid sebanyak 6 butir soal (20%). Reliabilitas tes sebesar 0,70 berarti reliabilitasnya tinggi. Tingkat kesukaran butir soal yaitu tingkat butir soal kategori mudah sebanyak 11 butir soal (36,67%), kategori sedang sebanyak 11 butir soal (36,67%) dan kategori sukar sebanyak 8 butir soal (26,66%). Daya beda soal yaitu kategori lemah sebanyak 6 butir soal (20%), kategori cukup sebanyak 5 butir soal (16,67%), kategori baik sebanyak 15 butir soal (50%), dan kategori tidak baik sebanyak 4 butir soal (13,33%). Efektifitas pengecoh soal tidak ada yang berfungsi dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal USBN mata pelajaran sejarah di Kabupaten Sijunjung memiliki kualitas yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:28
Last Modified: 10 Dec 2025 03:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31943

Actions (login required)

View Item
View Item