Pengaruh Penerapan Model Coopearative Learning Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai Tahun Pelajaran 2012/2013

Fitri, Rahmi Yulia (2013) Pengaruh Penerapan Model Coopearative Learning Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai Tahun Pelajaran 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RAHMI_YULIA_FITRI_04925_6705_2013I.pdf] Text
final_B1_1_RAHMI_YULIA_FITRI_04925_6705_2013I.pdf

Download (808kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman konsep siswa dan kurangnya interaksi sebagian besar siswa dengan guru dan juga siswa dengan siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe make a match lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional?”. Tujuan ini penelitian untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Make a Match dan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini digunakan untuk menyelidiki perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Make a Match dan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII9 sebagai kelas eksperimen dan VII10 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Batang Anai Tahun Pelajaran 2012/2013 yang belajar menggunakan model Cooperative Learning tipe Make a Match lebih baik dibandingkan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH, PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:42
Last Modified: 10 Dec 2025 02:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31924

Actions (login required)

View Item
View Item