Perbandingan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menulis Narasi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Padang

Emawati, Emawati (2011) Perbandingan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menulis Narasi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EMAWATI_72553_1609_2011.pdf] Text
final_B1_EMAWATI_72553_1609_2011.pdf

Download (750kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Padang. Kedua, kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Padang. Ketiga, perbandingan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 30 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 30 orang. Variabel penelitian ini, yaitu variabel bebas (X) untuk kemampuan menulis deskripsi dan variabel terikat (Y) untuk kemampuan menulis narasi. Data penelitian ini diperoleh melalui tes unjuk kerja menulis karangan deskripsi dan menulis karangan narasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan tahap-tahap sebagai berikut. Pertama, membaca dan mengoreksi hasil tulisan siswa sesuai dengan indikator penilaian. Kedua, memberi skor terhadap hasil kemampuan siswa menulis karangan deskripsi dan menulis karangan narasi. Ketiga, mengubah skor mentah yang diperoleh siswa menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase. Keempat, mengelompokkan kemampuan menulis karangan deskripsi dan menulis karangan narasi ke dalam penentuan patokan skala sepuluh. Kelima, menyajikan nilai yang diperoleh ke dalam tabel distribusi frekuensi. Keenam, menghitung rata-rata hitung. Ketujuh, membuat histogram hasil kemampuan menulis deskripsi dan menulis narasi. Kedelapan, menguji hipotesis. Kesembilan, membuat hasil analisis data dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Padang secara umum tergolong lebih dari cukup (LC). Kedua, kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Padang secara umum tergolong hampir cukup (Hc). Ketiga, perbandingan antara kemampuan menulis karangan deskripsi dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Padang adalah thitung diperoleh 3,61dan ttabel 1,70 dalam arti thitung lebih besar dari ttabel. Jadi, kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Padang lebih tinggi daripada kemampuan menulis narasi. Oleh karena itu, penulis menyarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep derskripsi dan konsep narasi, serta memberikan banyak latihan kepada siswa untuk menulis karangan derskripsi dan karangan narasi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:42
Last Modified: 10 Dec 2025 02:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31923

Actions (login required)

View Item
View Item