Kontribusi Kompetensi Profesional dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Komitmen Guru SD Negeri di Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan

Suwarni, Sri (2013) Kontribusi Kompetensi Profesional dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Komitmen Guru SD Negeri di Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SRI_SUWARNI_59932_6104_2013.pdf] Text
final_1_SRI_SUWARNI_59932_6104_2013.pdf

Download (220kB)

Abstract

Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa Komitmen yang dimiliki oleh guru SD Negeri Kecamatan Basa Ampek Balai masih rendah. Ini terlihat dari kurangnya kesungguhan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan pada akhirnya pada tujuan pendidikan. Selanjutnya, peneliti menduga bahwa Kompetensi Profesional Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah mempengaruhi Komitmen Guru yang dimiliki oleh guru SD Negeri di Kecamatan Basa Ampek Balai. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi Kompetensi Profesional Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Komitmen Guru SD Negeri di Kecamatan Basa Ampek Balai. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Kompetensi Profesional Guru berkontribusi terhadap Komitmen Guru, (2) Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Komitmen Guru, (3) Kompetensi Profesional Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap Komitmen Guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Basa Ampek Balai yang berjumlah 191 orang. Sampel penelitian berjumlah 110 orang yang diambil dengan teknik Stratified proportional Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Profesional Guru berkontribusi terhadap Komitmen Guru sebesar 19,3%, (2) Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Komitmen Guru sebesar 8,1%,(3) Kompetensi Profesional Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap Komitmen Guru sebesar 26,5%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa Komitmen Guru dan Kompetensi Profesional Guru sama-sama berada pada kategori (78,23% dan 79,35%dari skor ideal), sedangkan untuk variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah diketahui sudah berada pada kategori baik dengan ketercapaaian skor 82,24% dari skor ideal. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa Kompetensi Profesional Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap Komitmen Guru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap Komitmen Guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Prifesional, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:34
Last Modified: 10 Dec 2025 02:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31903

Actions (login required)

View Item
View Item