Azmi, Weny (2015) Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru oleh Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Negeri Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_WENY_AZMI_11519_2668_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan sementara yang menunjukan bahwa pembinaan kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah belum berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Solok. Pertanyaan penelitian adalah: (1) Bagaimanakah pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam memahami peserta didik? (2) Bagaimanakah pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis? (3) Bagaimanakah pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengevaluasi hasil pembelajaran? Dan (4) Bagaimanakah pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya? Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh guru SMK Negeri Kota Solok yang berjumlah 209 orang. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan Sistem Random Sampling. Jadi sampel dari penelitian ini sebanyak 25% dari populasi yang ada yaitu sebanyak 53 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket model Skala Likert yang telah diuji validitas dan Reliabilitasnya. Hasil uji coba menunjukkan angket yang akan digunakan Valid dan Reliabel, karena pada taraf kepercayaan 95% dengan N 10 nilai r hitung > r tabel yaitu 0,831 > 0,648 (Valid), dan r hitung > r tabel 0,710 > 0,632 (Reliabel). Teknik pengolahan data dengan cara mencari rata-rata (mean)Alat pengumpulan data yang digununtuk mendapatkan gambaran dari masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kota Solok: (1) dalam memahami peserta didik sudah berjalan dengan cukup baik dengan skor rata-rata 3,49; (2) dalam pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis berada sudah terlaksana dengan cukup baik dengan skor rata-rata 3,54; (3) dalam mengevaluasi hasil pembelajaran berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,50; dan (4) mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,48. Secara umum pembinaan kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kota Solok berada pada kategori cukup baik, dengan skor rata-rata 3,50.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembinaan kompetensi pedagogik. |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:20 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31891 |
