Wahyuni, Sri (2010) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Buatan Baru Kabupaten Siak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SRI_WAHYUNI_10777_3505_2012.pdf
Download (122kB)
Abstract
Hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri 009 Buatan Baru Kab. Siak belum memuaskan. Dari pengalaman peneliti selama ini, siswa selalu mengalami kesulitan dalam memahami pokok bahasan operasi pecahan. Hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dalam pokok bahasan Operasi Pecahan. Hipotesis dalam penelitian tindakan ini adalah, (1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Buatan Baru Kabupaten Siak, dan (2) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Buatan Baru Kabupaten Siak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 30 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 009 Buatan Baru Kab. Siak. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar pada kategori baik dan baik sekali pada setiap indikator aktivitas, dan (2) Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 009 Buatan Baru Kab. Siak. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada akhir penelitian mencapai 71.78 dan persentase siswa yang mencapai KKM 76.67%. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan model kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri 009 Buatan Baru Kab. Siak.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Aktivitas Belajara, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:19 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:20 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31889 |
