Pengaruh Media Pembelajaran Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang

Mistarin, Diva (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_DIVA_MISTARIN_20022007_151_2025.pdf] Text
B1_7_DIVA_MISTARIN_20022007_151_2025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Peneliti ini dilatarbelakangi penggunaan media pembelajaran dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang masi kurang media pendukung dikarenakan hanya menggunakan media konvensional yaitu media flashcard. Namun, belum ada yang menggunakan media pembelajaran animasi padahal media animasi memiliki keunggulan yaitu dapat memberikan kemudahan terutama pada anak-anak yang cenderung audio visual karna belajar dengan gambar, garis, teks atau unsur pembentukan objek lain yang memberikan efek gerakan (visual animasi) dan suara (audio) sehingga dengan efek tersebut anak dapat menerima pesan-pesan yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran animasi terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Ekperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang dan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling, yaitu kelas B4 dan B2 yang masing-masing berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan dari SPSS 23. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test serta post-test kelompok eksperimen adalah 9,73 serta 17,67. Sementara pada kelompok kontrol, rata-rata hasil pre-test serta post-test adalah 13,27 serta 16,67. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan Independent sample t-test nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa media animasi dapat berpengaruh terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahasa Inggris, Media Animasi, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:18
Last Modified: 10 Dec 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31885

Actions (login required)

View Item
View Item