Karlina, Vira (2016) Pelayanan Pegawai Tata Usaha terhadap Guru di SMK N 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_VIRA_KARLINA_1204427_4278_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Administrasi tata usaha sekolah merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh, serta membina kegiatan-kegiatan yang bersifat tulis-menulis di sekolah, agar PBM semakin efektif dan efesien untuk membantu tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Mampunya pegawai tata usaha memberikan pelayanan yang baik terutama terhadap guru akan berdampak dalam pencapaian tujuan pendidikan. Baik atau buruknya pelayanan pegawai tata usaha terutama terhadap guru dilihat dari terpenuhinya kebutuhan guru dengan pelayanan yang tepat, cepat, ramah dan penuh empati. Fenomena yang penulis temui di lapangan masih kurangnya pelayanan pegawai tata usaha terhadap guru pada aspek ketepatan, kecepatan, keramahan dan empati di bidang kepegawaian, kurikulum, dan perlengkapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pelayanan pegawai tata usaha terhadap guru di bidang kepegawaian, kurikulum dan perlengkapan di SMK N 1 Payakumbuh Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK N 1 Payakumbuh sebanyak 100 orang dan teknik penentuan sampel adalah Proportionate Stratified Random Sampling dan menggunakan rumus Taro Yamane sehingga sampel menjadi 50 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket, yang disusun dalam bentuk Skala Likert yang sudah diuji validitas dan reliabilitas menggunakan SPPS versi 16. Data dianalisis dengan perhitungan nilai rata-rata (Mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelayanan pegawai tata usaha terhadap guru di bidang kepegawaian sudah terlaksana cukup baik dengan skor rata-rata (3,43), 2) Pelayanan pegawai tata usaha terhadap guru di bidang kurikulum sudah terlaksana cukup baik dengan skor rata-rata (2,92), 3) Pelayanan pegawai tata usaha terhadap guru di bidang perlengkapan sudah terlaksana cukup baik dengan skor rata-rata (3,43). Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelayanan pegawai tata usaha terhadap guru di bidang kepegawaian, kurikulum, dan perlengkapan di SMK N 1 Payakumbuh terlaksana cukup baik dengan skor rata-rata 3,15.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Pegawai, Tata Usaha, Guru |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:12 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:13 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31875 |
