Amelia, Viona (2014) Penerapan Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_VIONA_AMELIA_12543_1154_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penalaran sangat penting dalam pembelajaran matematika untuk memahami materi dan menyelesaikan soal matematika. Namun, siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Padang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal maupun memahami materi diakibatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah siswa ini tidak melakukan evaluasi terhadap apa yang telah mereka lakukan sehingga kesulitan yang mereka alami terus berlanjut. Untuk mengatasi masalah ini, maka diterapkan strategi Metakognitif, yang dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan penalaran matematis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “1) Bagaimana aktivitas belajar siswa selama digunakan strategi Metakognitif dalam pembelajaran matematika kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Padang? “2) Bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan strategi Metakognitif dalam pembelajaran matematika kelas XI IPA SMA Negeri 3 Padang?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The One-Shot Case Study. Subjek Penelitian adalah kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Padang tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, kuis dan tes akhir. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa dapat disimpulkan bahwa selama proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Metakognitif aktivitas siswa cenderung mengalami peningkatan. Data yang diperoleh dari pemberian kuis menunjukkan terjadinya peningkatan untuk masing masing indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, melakukan manipulasi dan menyusun bukti. Kemudian dari hasil analisis tes akhir diperoleh rata-rata tes akhir siswa adalah 66,79.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Metakognitif, Kemampuan Penalaran Matematis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:04 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31869 |
