Hubungan Kemampuan Menyimak Wawancara dengan Kemampuan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Padang

Vinolia, Vinolia (2013) Hubungan Kemampuan Menyimak Wawancara dengan Kemampuan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_VINOLIA_72618_6487_2013.pdf] Text
final_B1_1_VINOLIA_72618_6487_2013.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menyimak wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan kemampuan menyimak wawancara dengan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis narasi ekspositoris. Kedua, kemampuan menyimak wawancara. Ketiga, hubungan kemampuan menyimak wawancara dengan kemampuan menulis narasi ekspositoris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang yang berjumlah 125 orang. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 32 siswa (25% dari jumlah populasi per kelas). Data penelitian ini adalah skor tes kemampuan menyimak wawancara dengan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus t untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kemampuan menyimak wawancara dengan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang berada pada kualifikasi baik (76,04). Kedua, kemampuan menyimak wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (75,52). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menyimak wawancara dengan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 35 Padang karena nilai thitung (6,12) lebih besar daripada ttabel (2,68) pada derajat kebebasan n-1 (31) dan taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa siswa yang memperoleh nilai kemampuan menulis narasi ekspositoris tinggi, juga memperoleh nilai kemampuan menyimak wawancara yang tinggi. Sebaliknya, jika siswa memperoleh nilai kemampuan menulis narasi ekspositoris rendah, juga memperoleh nilai kemampuan menyimak wawancara yang rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menyimak Wawancara, Kemampuan Menulis, Narasi Ekspositoris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:00
Last Modified: 10 Dec 2025 02:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31857

Actions (login required)

View Item
View Item