Minat Siswa SMP Memilih Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Sungai Penuh

Rahmadina, Suci (2022) Minat Siswa SMP Memilih Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SUCI_RAHMADINA_17075047_544_2022.pdf] Text
final_B1_1_SUCI_RAHMADINA_17075047_544_2022.pdf

Download (828kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa SMP memilih Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Sungai Penuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat siswa SMP memilih Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Sungai Penuh. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 1632 siswa SMP kelas IX di Kota Sungai Penuh. Sampel penelitian berjumlah 88 siswa SMP. Teknik pengampilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Data hasil minat siswa SMP memilih Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Sungai Penuh diperoleh melalui angket menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data analisis menggunakan bantuan program Microsoft Office Excel 2007, SPSS 17 dan teknik pengkategorian data. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa minat siswa SMP memilih Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 3 Sungai Penuh 35% termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis data penelitian dari indikator kemauan 41% termasuk dalam kategori sedang. Indikator perasaan senang 38% termasuk dalam kategori sedang. Indikator motivasi 42% termasuk dalam kategori tinggi. Indikator dukungan keluarga 47% termasuk dalam kategori sedang. Indikator lingkungan sekolah 40% termasuk dalam kategori sedang. Indikator lingkungan masyarakat 36% termasuk dalam kategori rendah. Indikator media massa 40% termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:59
Last Modified: 10 Dec 2025 01:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31855

Actions (login required)

View Item
View Item