Hubungan Kemampuan Menyimak Kritis dan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang

Prima, Suci Septa (2013) Hubungan Kemampuan Menyimak Kritis dan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SUCI_SEPTA_PRIMA_12078_5177_2013.pdf] Text
final_B1_1_SUCI_SEPTA_PRIMA_12078_5177_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menyimak kritis siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Ketiga, menjelaskan hubungan kemampuan menyimak kritis dan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 282orang yang tersebar ke dalam sembilan kelas yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 41orang. Data penelitian ini adalah skor kemampuan menyimak kritis dan skor kemampuan menulis argumentasi. Data dianalisis dengan langkah langkah sebagai berikut. Pertama, melakukan pemeriksaan dan memberi skor terhadap tes hasil kemampuan menyimak kritis siswa dengan cara member skor 1 untuk skor yang benar dan skor 0 untuk jawaban yang salah. Kedua, memberi skor tes kemampuan menulis argumentasi. Ketiga, mengubah skor kemampuan menyimak kritis dan skor kemampuan menulis argumentasi menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentasi. Keempat, mengelompokkan nilai kemampuan menyimak kritis siswa dan kemampuan menulis argumentasi berdasarkan konvensi skala 10. Kelima, menentukan nilai rata-rata hitung dari masing-masing tes. Keenam, mengklasifikasikan nilai siswa per indikator. Ketujuh, menyajikan data dalam bentuk histogram per indikator yang dinilai. Kedelapan, mengkorelasikan variabel penelitian. Kesembilan, pengujian keberartian hipotesis yang diajukan. Kesepuluh, penyimpulan hasil analisis dan pembahasan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik (80,935).Kedua, kemampuanmenyimak kritis siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (82,85). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menyimak kritis dengan kemampuan menulis argimentasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang pada taraf signifikan95% dengan derajat kebebasan 40.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:56
Last Modified: 10 Dec 2025 01:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31848

Actions (login required)

View Item
View Item