Perbedaan Penggunaan Teknik Copy the Master dengan Model Pengajaran Langsung terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Firmadani, Dewi (2014) Perbedaan Penggunaan Teknik Copy the Master dengan Model Pengajaran Langsung terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEWI_ FIRMADANI_15699_1265_2014.pdf] Text
final_B1_DEWI_ FIRMADANI_15699_1265_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikankemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai denganmenggunakan teknik Copy the Master. Kedua. mendeskripsikan kemampuanmenulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai menggunakan ModelPembelajaran Langsung dalam. Ketiga, menganalisis perbedaan penggunaanteknik copy the master dengan Model Pembelajaran Langsung dalampembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengguakanmetode eksperimen dan rancangan penelitian rondomized control group onlydesign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 BatangAnai yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian inisebanyak 60 orang. Instrumen penelitian adalah tes unjuk kerja. Data penelitianadalah skor tes menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai KabupatenPadang Pariaman. Penganalisisan data dilakukan dengan delapan langkahberikut:(1) membaca dan mengkoreksi puisi siswa sesuai indikator, (2) mengolahskor menjadi nilai dengan rumus persentase, (3) menafsirkan kemampuan menulispuisi berdasarkan rata-rata hitung, (4) mengklasifikasikan kemampuan menulispuisi siswa, (5) menampilkan data kemampuan menulis puisi dalam bentukhistogram, (6) melakukan uji hipotesis, (7) menganalisis dan membahas datapenelitian, dan (8) menyimpulkan hasil pembahasan.Berdasarkan analisis, maka hasil penelitian sebagai berikut. Pertama,kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai KabupatenPadang Pariaman menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasilebih dari cukup (70.55). Kedua, kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIISMPN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman menggunakan modelpengjaran langsung berada pada kualifikasi lebih dar cukup (70.37). Hasil uji-tmenunjukkan ttabel lebih besar daripada thitung, yaitu 0,144>0,055.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik copy the masterdan model pengajaran langsung sama-sama berpengaruh terhadap kemampuanmenulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai Kabupaten PadangPariaman. Hal ini dilihat dari hasil tes kemampuan menulis puisi menggunakanteknik copy the master (70,55) dan model pengajaran langsung (70,36) siswakelas VIII SMPN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dan hasil uji-t.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MENULIS PUISI, MODEL PENGAJARAN LANGSUNG
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:52
Last Modified: 10 Dec 2025 01:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31847

Actions (login required)

View Item
View Item