Desain LKPD Berorientasi Pembelajaran Terpadu Tipe Jaring Laba-Laba untuk Pembelajaran IPA Kelas VIII SMPN 1 Painan

Hidayat, Randi (2016) Desain LKPD Berorientasi Pembelajaran Terpadu Tipe Jaring Laba-Laba untuk Pembelajaran IPA Kelas VIII SMPN 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RANDI_HIDAYAT_1101380_5308_2016.pdf] Text
B1_05_RANDI_HIDAYAT_1101380_5308_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada kurikulum 2013 untuk tingkat SMP materi pembelajaran IPA disajikan terpadu. Materi dalam IPA terpadu diajarkan oleh guru yang memberikan wawasan terpadu antar mata kajian Biologi, Fisika, dan Kimia sehingga siswa dapat memahami pentingnya keterpaduan antara ketiga disiplin ilmu tersebut. Dalam pembelajaran IPA terpadu penting digunakan bahan ajar seperti LKPD IPA terpadu. Kenyataannya pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu belum menggambarkan keterpaduan antara materi Fisika, Kimia, dan Biologi. Hal ini dikarenakan guru masih belum terbiasa dengan pembelajaran IPA terpadu, sehingga guru belum memberikan wawasan keterpaduan antar mata kajian IPA. Disisi lain LKPD yang tersedia juga belum menggambarkan keterkaitan antara Fisika, Kimia, dan Biologi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan LKPD berorientasi pembelajaran terpadu tipe jaring labalaba. Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki deskripsi, validitas, praktikalitas dan efektivitas LKPD. Jenis penelitian adalah Research and Development (R & D). Desain penelitian untuk uji terbatas adalah sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Objek pada penelitian ini adalah LKPD berorientasi pembelajaran terpadu tipe jaring laba-laba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar uji validasi, lembar uji kepraktisan, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan, dan analisis efektivitas. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, deskripsi produk sudah sesuai desain yang terdiri dari petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, materi pembelajaran, informasi pendukung, paparan isi materi, tugas, lembar kerja dan evaluasi. Validitas LKPD berada pada kriteria sangat valid dengan rata-rata 80.38. Kedua, nilai kepraktisan LKPD berada pada kriteria praktis dengan rata-rata 80.55. Disisi lain penggunaan LKPD adalah efektif digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA menurut standar proses dengan nilai rata-rata 77.27 .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Terpadu Tipe Jaring Laba-Laba
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:49
Last Modified: 10 Dec 2025 01:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31832

Actions (login required)

View Item
View Item