Kontribusi Disiplin Kerja dan Pemberian Insentif terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Pesisir Selatan

Efnida, Sriwati (2012) Kontribusi Disiplin Kerja dan Pemberian Insentif terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SRIWATI_EFNIDA_19693_5886_2012.pdf] Text
final_1_SRIWATI_EFNIDA_19693_5886_2012.pdf

Download (998kB)

Abstract

Kompetensi manajerial kepala sekolah dipertimbangkan sebagai salah satu faktor yang sangat penting menentukan kualitas pendidikan. Dari survey awal yang ditemukan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah sekolah dasar Kabupaten Pesisir Selatan tidak seperti yang diharapkan. Kondisi ini diprediksi menjadi dampak oleh beberapa faktor. Dua dari faktor yang dipertimbangkan menjadi lebih dominan seperti pemberian insentif dan disiplin kerja. Meskipun penelitian ini dirancang untuk menyelidiki kontribusi pada disiplin kerja dan pemberian insentif terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah. Tiga hipotesa seperti (1) disiplin kerja berkontribusi terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah; (2) pemberian insentif berkontribusi terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah; (3) disiplin kerja dan pemberian insentif berkontribusi terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah kepala sekolah Sekolah Dasar Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 382 orang. Populasi dipilih sebagai contoh menggunakan propotional random sampling technique. Data dari variabel dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likers yang sudah di uji coba validitas dan reliabilitas. Pengumpulan data dianalisis secara langsung menggunakan teknik hubungan dan keandalan menggunakan Monas Versi 12. Dari analisis data ditemukan bahwa (1) disiplin kerja berkontribusi signifikan terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah sebesar 6,3%; (2) pemberian insentif berkontribusi signifikan terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah sebesar 3,9%; (3) disiplin kerja dan pemberian insentif secara bersama-sama berkontribusi signifikan sebesar 9,1%. Analisis data tersebut, menunjukkan bahwa ketiga hipotesis dapat diterima secara empiris. Dari hasil temuan dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja dan pemberian insentif merupakan dua variabel bebas yang berdampak positif terhadap variabel terikat kompetensi manajerial kepala sekolah. Untuk meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah SD Negeri Kabupaten Pesisir Selatan perlu ditingkatkan disiplin kerja secara berkelanjutan dan pemberian insentif bagi kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Manajerial, Disiplin Kerja, Insentif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:49
Last Modified: 10 Dec 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31830

Actions (login required)

View Item
View Item