Hubungan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Apresiasi Siswa pada Tari Tradisional di Kelas XI SMAN 7 Padang

Shalsabila, Nabila (2024) Hubungan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Apresiasi Siswa pada Tari Tradisional di Kelas XI SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_NABILA_SHALSABILA_20023142_437_2025.pdf] Text
B1_6_NABILA_SHALSABILA_20023142_437_2025.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5) dengan Apresiasi Siswa Terhadap Tari Tradisional di Kelas XI SMAN 7 Padang. Projek P5 yang berfokus pada kearifan lokal dirancang untuk membangun karakter dan profil siswa yang memiliki nilai-nilai Pancasila. Namun, terdapat kekhawatiran mengenai rendahnya apresiasi terhadap tari tradisional di kalangan siswa di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk memahami dampak P5 terhadap apresiasi siswa terhadap tari tradisional dan meningkatkan kecintaan siswa terhadap budaya lokal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional, dengan menggunakan teknik korelasi product moment untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara program P5 dengan apresiasi siswa terhadap tari tradisional, dengan nilai signifikansi sebesar 0,587. Pelaksanaan program P5 bertema kearifan lokal di SMA Negeri 7 Padang dilaksanakan secara sistematis, memenuhi seluruh dimensi profil pelajar Pancasila. Apresiasi pelajar terhadap tari tradisional sejalan dengan program P5 menunjukkan adanya dampak positif terhadap apresiasi budaya di kalangan pelajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pancasila, tari tradisional
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 09:59
Last Modified: 09 Dec 2025 10:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31813

Actions (login required)

View Item
View Item