Lova, Stelly Martha (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Membaca Berbasis Kooperatif Tipe Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_STELLY_MARTHA_LOVA_1203968_3239_2014.pdf
Download (356kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pengembangan perangkat pembelajaran membaca yang mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa. Sebuah perangkat pembelajaran membaca yang baik hendaknya mampu meningkatkan minat baca siswa, memotivasi siswa untuk berpatisipasi secara aktif dalam pembelajaran, dan mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami isi bacaan. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan perangkat pembelajaran membaca berbasis kooperatif tipe Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC). Tujuan yang hendaknya dicapai dalam upaya pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran membaca yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dirancang adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan bahan ajar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan siswa, dan wawancara dengan guru. Keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran membaca yang dihasilkan telah valid. Hasil observasi, angket, dan wawancara dengan guru juga menyatakan bahwa perangkat pembelajaran ini praktis. Pada tahap uji efektivitas, didapatkan hasil rata-rata aktivitas siswa sudah berada pada kategori sangat tinggi. Rata-rata perkembangan karakter siswa telah menunjukkan kategori mulai berkembang Hasil penilaian keterampilan membaca untuk penilaian keterampilan proses juga telah berada pada kategori sangat baik, dan penilaian hasil menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran membaca berbasis kooperatif tipe kooperatif tipe Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC) untuk kelas V SD yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaraan Kooperatif, Pembelajaran Membaca,Keterampiulan Membaca |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 09:59 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 09:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31812 |
