Kontribusi Motivasi Berprestasi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru SD Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Suardi, Suardi (2012) Kontribusi Motivasi Berprestasi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru SD Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SUARDI_19694_6107_2012.pdf] Text
final_1_SUARDI_19694_6107_2012.pdf

Download (706kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di beberapa Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Batangkapas terlihat disiplin kerja guru masih belum maksimal. Kurangnya disiplin kerja guru diduga karena faktor motivasi berprestasi guru dan kepemimpinan kepala sekolah yang belum maksimal. Lebih lanjut lagi akan mengakibatkan rendahnya mutu pendidikan atau kompetensi siswa pada suatu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi Motivasi berprestasi Guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru SD Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Terdapat tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu motivasi berprestasi guru berkontribusi terhadap disiplin kerja guru, Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja guru, motivasi berprestasi guru dan kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja kerja guru Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi guru SD Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 385 dan sampel penelitian sebanyak 121 orang yang diambil menggunakan teknik stratified Proportional Random Sampling dengan mempertimbangkan masa kerja dan strata pendidikan. Instrumen yang digunakan adalah angket yang sudah diuji kehandalan dan kesahihannya dengan program Monas tahun 2009. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Motivasi berprestasi Guru berkontribusi signifikan terhadap Disiplin kerja guru sebesar 22,6% (2) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi signifikan terhadap Disiplin kerja guru sebesar 8 % (3) Motivasi berprestasi Guru dan Kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap Disiplin kerja guru sebesar 27,5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi guru dan kepemimpinan kepala sekolah merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap Disiplin kerja guru. Oleh karena itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar memperhatikan kedua faktor tersebut agar Disiplin kerja guru dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja Guru, Motivasi Berprestasi Guru, Manajemen Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 07:27
Last Modified: 09 Dec 2025 07:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31805

Actions (login required)

View Item
View Item