Suarman, Suarman (2011) Kontribusi Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Iklim Kerjasama terhadap Motivasi Kerja Guru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SUARMAN_82185_6253_2012.pdf
Download (250kB)
Abstract
Motivasi kerja sebagian guru yang masih rendah diduga erat hubungannya dengan kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim kerjasama terhadap motivasi kerja guru. Untuk itu diajukan tiga hipotesis: pertama kepemimpinan visioner kepala sekolah berkontribusi terhadap motivasi kerja guru, kedua, iklim kerjasama berkontribusi terhadap motivasi kerja guru dan ketiga, kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim kerjasama secara bersama-sama berkontribusi terhadap motivasi kerja guru. Dari populasi sebesar 239 orang guru-guru di lima SMP negeri Kota Padang Panjang diambil sebanyak 76 orang sebagai responden dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket model skala Likert dan dianalisis dengan teknik regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan visioner kepala sekolah berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 9,3%, (2) iklim kerjasama berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 13,8%, dan (3) kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim kerjasama secara bersama-sama berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 15,6%. Disimpulkan bahwa kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim kerjasama adalah dua faktor yang dapat mempengaruhi motivasi kerja guru di samping faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini. Dengan kata lain kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim kerjasama merupakan dua faktor penting yang dapat meningkatkan motivasi kerja guru dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Visioner, Iklim Kerja Sama, Motivasi Kerja Guru |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 05:41 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 05:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31797 |
